Kamis, September 09, 2010

Al-Fatihah

Ramadhan 1431 Hijriyah sudah berakhir. Malam ini adalah malam takbiran. Besok seluruh umat Muslim di Indonesia akan Sholat Ied. Banyak permintaan maaf digital zaman sekarang, entah itu facebook, twitter, atau sms. Ada sebuah tulisan menarik yang ditulis oleh temanku, Gini Arimbi dan Ghazi Binarandi. Silahkan membacanya di sini dan di sini. Kedua tulisan itu mengungkapkan perasaanku. Terima kasih, teman.

Akan tetapi aku tidak akan membahas itu. Entah mengapa aku ingin menulis tentang Al-Fatihah, surat pertama dalam Al-Qur'an. Dulu aku diminta menghapal arti Al-Fatihah oleh sang guru ngaji. Katanya, setidaknya hapal lah arti surat yang selalu diucapkan minimal 17 kali dalam sehari. Bukan bermaksud menggurui, aku mau berbagi isi dari Al-Fatihah.


1. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

2. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam

3. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

4. Pemilik hari pembalasan

5. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

6. Tunjukilah kami jalan yang lurus

7. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat


17 kali kita ucapkan dalam sehari. Yuk kita hapalkan artinya. Yuk kita resapi setiap maknanya. Semoga kita menjadi insan yang lebih baik. Amin.

Yuk kita saling mengingatkan dalam kebaikan.

Tidak ada komentar: